(Cerpen) Papa, Mama, Ivan Sayang Kalian Semua!

Halo papa! Halo mama! Ini Ivan, anak kalian yang sekarang udah gede lho! Sekarang Ivan udah mulai belajar untuk hidup mandiri nih. Memang sebenarnya Ivan akui bahwa hidup ini berat namun Ivan yakin bahwa Ivan bisa taklukan semua masalah yang ada di depan Ivan. Jadi papa sama mama ngga usah khawatir ya!? Ivan pasti bisa hidup dengan baik kok!

Pa.. Ma.. Inget ngga waktu Ivan masih kecil kalian sering banged adu argumen tentang gimana cara mendidik Ivan yang benar? 1 minggu Ivan coba peraturan A, minggu depan coba peraturan B, lalu minggu ke 3 coba peraturan C dan selalu bergonta-ganti sampai-sampai kita semua capek dan bingung sendiri mana yang paling baik. Ivan masih ingat waktu itu Ivan pernah dikunci di dalam kamar mandi sampai harus nangis dulu baru boleh keluar dan begitu sudah lega Ivan malah jadinya sakit-sakitan dan harus izin ngga masuk sekolah. Ivan juga ingat waktu itu Ivan pernah pecahin piring karena piringnya licin dan mama marahin Ivan sampai sampai papa pun ikutan marah dan kalian jadi berantem, sementara tetangga sekitar malah pada nggosipin kita. Ngga papa ko' pa, ma, Ivan ngga dendam kok karena itu. Ivan sekarang tahu kenapa kok kalian sampai seperti itu terhadap Ivan, kalian ngga mau Ivan tumbuh jadi anak yang nakal kan? Harus patuh sama orang tua, ngga boleh bergaul sama mereka-mereka yang terjerat narkoba dan sebagainya, sehingga papa mama selalu pesan sama Ivan untuk selalu berhati-hati dalam berteman dengan orang lain. Memang benar papa pernah bilang untuk tidak pilih-pilih dalam berteman, tapi begitu Ivan punya teman banyak, kenapa kok kalian malah melarang Ivan untuk tidak berteman dengan si A karena dia bla bla bla, jangan sama si B karena dia kurang bla bla bla. Dulu Ivan sempat bingung, kenapa di satu sisi Ivan disuruh cari teman yang banyak dan di sisi lain Ivan harus membatasi teman Ivan. Lalu akhirnya Ivan putuskan untuk diam dan mengenal dulu orang-orang yang Ivan temui. Mungkin itu ya sebenernya tujuan papa dan mama?

Sebenarnya masih banyak hal yang Ivan belum paham sampai sekarang. Mulai dari kalian selalu berkata bahwa Tuhan adalah yang utama dan Ibadah adalah kewajiban kita, namun kenapa kalian sendiri yang dengan serius menerapkan prinsip itu kepada Ivan malah tidak melaksanakannya sendiri? Setiap kali papa ngobrol sama Ivan selalu saja papa bilang "Bukannya papa mau cerewet ya, tapi kamu harus bla bla bla" dan berlangsung hingga 2 jam. Lucunya lagi adalah ketika Ivan beli barang. Yaa mungkin barang ini ngga terlalu penting dan tidak menghasilkan uang, tapi ini hanya untuk hobby dan hiburan Ivan, begitu papa lihat, papa langsung geleng-geleng kepala, "Buang-buang duit lagi.. Hadeeehhh.." Ivan bingung pa, serius deh, Ivan beli barang pake uang Ivan sendiri, ngga minta uang papa dan ngga merugikan apapun dari papa dan mama, kenapa kok dikomentari seperti itu? Sedangkan papa yang banyak hutang untuk otak-atik motor sampai kita pernah harus puasa selama beberapa bulan saja tidak ada yang berkomentar. Ivan pengen lho jadi kayak papa, apa-apa tidak ada yang berani komentar apapun walaupun apa yang papa katakan papa langgar sendiri.

Ivan sangat kagum dengan intuisi mama lho! Mama itu orang yang selalu punya tebakan dalam menghadapi segala hal. Terkadang mama bisa berfikir beberapa langkah kedepan daripada orang lain, namun bukan berarti mama selalu benar sih. Tapi yang Ivan ngga suka itu mama selalu saja mikirnya negatif mulu ketika dengar suatu kabar. Mama ingat ngga dulu ketika Ivan sering sakit perut di hari Sabtu dan mama tiba-tiba marah dan bilang "Alah! Kamu itu alasan! Masa setiap hari sabtu selalu sakit perut!? Ayo mandi terus berangkat sekolah!" dan akhirnya di perjalanan ke sekolah kita harus balik ke rumah karena Ivan udah ngga bisa nahan diare Ivan? Memang ma, tebakan mama banyak benernya, tapi entah kenapa semakin Ivan bertambah usia, semakin salah tebakan mama hari demi hari lho. Misalkan waktu itu Ivan sedang sakit, mama ajak jenguk om di rumah sakit. Ivan udah bilang Ivan ngga mau ikut tapi mama paksa harus ikut, dan pada akhirnya Ivan sampai harus istirahat di rumah selama seminggu dan mama harus keluar biaya banyak. Kenapa sih ma? Kok rasanya kayak mama itu ngga ada rasa percaya lagi sama Ivan?

Rasa kasih sayang papa sama mama itu ngga memudar bahkan sampai Ivan udah masuk kuliah ini. Ivan masih aja diperhatiin siapa temen Ivan, kalo keluar malam ngga boleh lebih dari jam 10, ngga boleh nongkrong di beberapa tempat karena tercatat "Nakal" dan masih banyak lagi yang kalian perhatiin dalam kehidupan Ivan, sampai-sampai Ivan mau tidur aja kaget karena bangun ditelfon disuruh cerita hari itu Ivan ngapain aja, sama siapa, cewek atau cowok dan kemana aja. Tapi pa, ma, Ivan tahu kok kalian itu ngga bisa mengurangi perhatian dan kekangan kalian ke Ivan karena rasa sayang kalian yang memang sebenarnya bikin Ivan stress kadang-kadang sih, hehehe.. Tentu kalian ngga ingin donk Ivan mencemarkan nama baik kalian ya kan?

Ivan sekarang di tempat yang nyaman banged kok pa, ma. Disini Ivan banyak temen yang asik-asik! Mereka semua selalu nyapa Ivan di pagi hari dengan senyum sumringah di wajah mereka. Terkadang ada sih yang cium pipi Ivan, disini yang Ivan takuti! Karena begitu ada satu yang cium, yang lain ikutan! Hahahaha. Ada juga bapak dan ibu penjaga yang suka banged ngajakin kami jalan-jalan dan main-main, pokoknya disini Ivan seneng deh! Papa mama ngga perlu khawatir ya? Disini Ivan betah kok, dan tenang,besok-besok Ivan ngga bakalan nglakuin apa yang kalian lakuin ke Ivan dulu, karena Ivan tau cara yang lebih baik untuk meluruskan apa yang salah dari anak Ivan besok. Ivan tetep sayang kalian semua!

Salam Sayang dari: Ivan

Anak kalian yang paling Hebat!

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Jangan Pernah Menyerah!

Indonesia Kreatif? Sayang Orang Tua? Pikir Lagi!

Please.. Remove my Masks..